Minggu, 11 Maret 2018

BREAKING NEWS MESUJI

 Lima Kecamatan di Kabupaten Mesuji akan selenggarakan pilkada serentak
Penanda tanganan Deklarasi Damai Pilkades 2017 diikuti oleh 49 Calon Kepala Desa (Cakades)dari 16 desa di lima kecamatan yang ada dalam lingkup kabupaten Mesuji.

Hadir dalam kesempatan deklarasi Bupati Mesuji Khamami.,SH,.Dandim 0426/Tuba,Kapolres Mesuji,camat dan kapolsek di lima kecamatan.
Acara di pusatkan di taman kehati Desa Mekar Sari Kecamatan Tanjung Raya.Menurut Budiman Jaya S.STP,.M.IP.,Kadis PMD dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakanya Deklarasi Damai agar pelaksanaan pilkades serentak bisa berjalan damai,aman,tertib,dan lancar.
Selain itu diharapkan calon kades bersedia dan berkewajiban melaksanakan dan menaati tata tertib pelaksanaan pilkades dengan penuh rasa tangung jawab.
  Seluruh calon kepala desa diharapkan agar memenuhi semua ketentuan yang ada pada setiap tahapan khususnya dalam setiap pelaksanaan kampanye serta mengendalikan diri dan mencegah masa pendukung yang akan melakukan tindakan provokasi,anarkis dalam melaksanakan pilkades secara serentak.Ucap Budiman Jaya.
Lebih lanjut lagi disampaikan oleh kades PMD Kabupaten Mesuji ini agar calon kades dalam menerima hasil dari pelaksanaan pemilihan suara didesa masing_masing  siap untuk berjiwa besar dan berlapang hati dalam menerima apapun hasilnya nanti.Dalam kesempatan tersebut Bupati Khamami menyampaikan beberapa point penting yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh para calon kepala desa.
Selain itu,Khamami juga meningkatkan kepada para PNS dan juga perangkat desa setempat untuk bersikap netral.
Penyelenggaraan pemilihan kepala desa adalah salah satu wujud pelaksanaan demokrasi bagi masyarakat,sebagaimana dijelaskan didalam undang-undang  nomor 6 tahun 2014,tentang desa peraturan menteri dalam negeri  nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa dan peraturan daerah  Kabupaen Mesuji nomor 3 tahun 2015 tentang pencalonan kepala desa adalah 6 tahun.papar Khamami.

Selain itu lanjut Khamami,penyelengaraan Pilkades serentak di Mesuji ini merupakan kedua kalinya yang sebelumnya sempat dilaksanakan pada tahun 2015 lalu.

Feri Antoni Kabid pemerintahan dan kelembagaan Desa pada Dinas PMD Kabupaten Mesuji mengatakan bahwa dari ke-16 desa yang akan melaksanakan  pilkades serentak  pada 27 Agustus mendatang ini tersebar di lima kecamatan yakni kecamatan rawa  jitu utara ada tiga desa yakni desa Desa Sidang Gunung  Tiga,Telogo Rejo,Desa sungai Buaya.
Selanjutnya dari kecamatan simpang pematang  ada empat desa yaitu  Desa Jaya Sakti,Wirabangun,Rejo Binangun dan desa Fajar Asri.
Selanjutnya  dari kecamatan Mesuji Timur ada  dua Desa jaya sakti,Wira bangun, dan desa budi Aji.
Kemudian Kecamatan lagi yakni Kecamatan Tanjung raya.Dimana ada dua desa yang melaksanakan pilkades yakni desa Bangun Jaya  dan Desa muara Tenang,dengan keseluruhan calon berjumlah 49 orang dan emapat diantaranya adalah perempuan.Pilkada yang dilakukan di Mesuji kini sangat berjalan dengan lancar dan tertib dalam pengawasan.

Calon Bupati Mesuji dan calon Wakil Bupati Mesuji yang sempat berseteru tersebut akhirnya bertemu dan melakukan kesempatan perdamaian dihadapan Kapolda Lampung sudjarno,Danrem 043 Garuda hitam.Salah satu yang bertulang pada kesempatan trsebut diantaranya akan menjaga kondisi keamanan dan ketertiban  masyarakat selama pelaksanaan dan usai pilkada Mesuji.Kemudian kedua nya sepakat berdamai tersebut sudah mencapai keduanya juga sudah sepakat proses hukum yang tindak pidana pemilu dan tindak pidana umum yang sedang mereka hadapi ynag berjalan sesuai ketentuan berlaku.

Khamami telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pelanggaran jadwal kampanye,sedangkan Adam ishak tersangka tindak penganiayaan.Komosi pemilihan umum Kabupaten Mesuji, Provingsi lampung dalam rapat pleno terbuka menetapkan pasangan nomor urut 2 Khamamik_Saply memenagkan pilkada setempat dengan perolehan suara 73,1 persen.p
Pasangan calon nomor urut dua  itu memperoleh 77.038 suara.Jumlah pemilihan berdasarkan daftar pemilihan setiap banyak 141.634 pemilih tersebar pada 279 tempat pemungutan suara.sedangkan  suara sah berjumlah 105.441 dan tidak sah 1.315 suara.
Menurutnya apabila tidak ada gugatan penetapan pemenang pilkada  Mesuji ini akan berlangsung pada 8 atau 10 maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar